Panduan Cara Gunain Google Shopping

Panduan Google Shopping untuk Pemula

Google Shopping adalah layanan iklan google yang berisi berbagai informasi produk seperti gambar produk, harganya, dan link toko online penjual. Jadi iklannya bakal lebih menarik dan informatif membuat calon pembeli karna ngak hanya sekedar teks aja, kenapa google shopping wajib untuk kamu coba, karna ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapetin yaitu:

  1. Memudahkan pembeli dan penjual, 81% calon pembeli akan bandingin harga dulu sebelum melakukan pembelian, digoogle shopping calon pembeli itu bisa bandingin harga dengan cara yang mudah banget mereka tinggal mengetik produk yang dicari lalu berbagai produk banyak toko online akan langsung muncul terus penjual juga bisa diuntungi layanan promosi google shopping yang bagus dan informatif.
  2. Meningkatkan conversion rate, Dibandingkan dengan iklan teks biasa iklan digoogle shopping bisa ningkatin conversion sampe 30% loh tinggi banget ya.
  3. Bisa mengatur budget iklan, dengan google shopping kamu bisa bebas nentuin budget iklanmu soalnya google shopping ini gunaiin sistem CLICK PER COST jadi kamu baru dikenai biaya kalau ada yang ngeklik aja kalau ngak ada ya kamu ngak usah bayar lebih hematkan.

Cara lengkap menggunakan google shopping:

  1. Membuat akun google merchant center, kamu harus bikin akun dulu digoogle merchant center supaya kamu bisa nginput semua produk yang kamu mau iklanin caranya masuk aja ke link nya ini https://www.google.com/retail/solutions/merchant-center/#?modal_active=none
  2. Optimasi gambar produkmu, kamu ngak bisa sembarang nampilan gambar produk digoole shopping soalnya ada proses verifikasi dari google yang cukup ketat tapi kamu tenang aja ini mimin akan kasih tips supaya gambar kamu bisa lolos:
  • Gambar produk tidak boleh ada watermark, logo, teks, dan garis bingkai.
  • Dalam satu gambar hanya boleh ada satu jenis produk aja,
  • Hindari background warna gelap.
  • Gambar jernih dengan pencahayaan yang baik.
  • Gambar produk jangan terlalu besar atau terlalu kecil.
  • Gambar jangan blur

3. Membuat dan mengisi feed produk, Nah setelah gambarmu lolos verifikasi sekarang saatnya mengembagin informasi tentang produkmu.

4. Menghubungkan ke akun google ads, walaupun kamu udah bikin feed produk tapi produkmu itu belum tentu akan muncul dipencariian google shopping kamu harus menghubugkan dulu akun marchent center ke google ads.

5. Membuat iklan di google shopping, Kalau kamu udah terhubung ke google ads sekarang kamu bisa mulai detail produk kamu digoogle shopping.

Sekarang kamu pilih tampilan iklannya, ada 2 jenis tampilan yang bisa kamu pilih:

  • Product shopping ads, Itu akan ngiklanin 1 produk aja.
  • Showcase Shopping ads, Buat ngiklanin beberapa produk.

Nah itu tadi panduan cara gunain google shopping cukup panjang sih prosesnya tapi ngak sulit kan buat diterapin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas