Kamu Bisa Membuat Video Keren Asalkan Baca Tutorial Filmorago Ini!

Video menjadi salah satu karya yang sangat penting sekarang, dari sana kamu bisa menjadi terkenal entah dengan membuat video lucu, video reaction atau video informatif. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk memproduksi video di android adalah filmorago. Namun, masih banyak dari mereka yang belum mengerti betul tutorial filmorago.

Filmorago adalah software filmora namun untuk versi ponselnya. Aplikasi satu ini bisa di unduh melalui Play Store atau melalui aplikasi web browser untuk versi apk-nya. Bisa diunduh secara gratis namun kamu bisa meningkatkannya menjadi pengguna premium. Berikut adalah cara menggunakan aplikasi filmorago untuk menghasilkan video yang berkualitas.

Menu Home

Setelah memasang aplikasi Filmorago pada ponselmu dan membukanya, tampilan pertama yang akan kamu lihat adalah ilustrasi seorang cewek yang memegang ponsel dan seorang cowok yang sedang memegang karya.

Selain gambar tersebut, kamu juga akan menemukan logo Filmorago pada pojok kiri atas dan beberapa menu lain di beberapa tempat. Beberapa menu yang ada pada tampilan home adalah kamera, projek baru, store, pro dan simbol pengaturan. Tutorial filmorago yang pertama adalah pahami fungsi tombol-tombol pada menu home.

Kamera

Simbol kamera terletak di pojok kiri bawah pada tampilan home. Tombol ini berfungsi jika kamu ingin mengambil foto atau video. Maksudnya, kamu bisa menggunakan kamera ini untuk mengambil bahan sebelum mengedit.

Fitur pada kamera Filmorago memang tidak terlalu banyak hanya bisa merekam dan mengganti kamera depan atau kamera belakang. Jika dirasa video yang kamu rekam sudah oke, selanjutnya kamu bisa menekan tombol “√” untuk melanjutkan mengedit.

New Project

Tulisan new project terletak di tengah bagian bawah dengan latar berwarna merah, cukup mencolok bagi beberapa orang. Tombol ini digunakan ketika kamu ingin membuat proyek yang video atau fotonya berasal dari galeri kamu, jadi sedikit berbeda dengan fungsi tombol kamera.

Ketika menekan tombol new project, kamu akan diarahkan pada tiga opsi yaitu video, photo dan other. Video dan photo berasal dari galeri kamu sedangkan other berasal dari aplikasi Filmorago yaitu berupa blank background dan beberapa opening. Kamu bisa. Kamu bisa memilih salah satu video atau foto dari ketiga opsi atau bisa juga mengkombinasikan foto dan video dari ketiga opsi.

Store

Saat mempelajari tutorial Filmorago, sangat penting untuk melihat logo store. Logo store terletak pada bagian bawah sebelah kanan. Ketika kamu membukanya akan tampil 4 opsi yaitu featured, tools, stickers dan filters.

Pada opsi featured dan tools  sebenarnya lebih dianjurkan untuk meningkatkan akun menjadi premium. Kelebihan akun premium akan penulis sampaikan pada sub selanjutnya. Pada stickers kamu akan menemukan beberapa pilihan bundle seperti stiker hewan, medis, emoticon dan lainnya. Pada ikon filters ada 3 pilihan dan salah satu dari ketiganya bisa dinikmati secara gratis.

Tutorial Filmorago : Pro

Sebelumnya telah penulis singgung sedikit tentang meningkatkan akun menjadi pengguna premium agar fitur yang digunakan lebih canggih. Untuk meningkatkan menjadi akun premium, kamu bisa masuk ke ikon Pro yang terletak di sebelah kanan atas.

Di sana, kamu akan langsung melihat daftar harga dan kelebihan pengguna akun pro. Untuk pengguna baru, kamu bisa membeli akun pro seharga 28 ribu yang berlaku selama satu bulan, namun untuk bulan selanjutnya kembali ke harga awal yaitu 75 ribu per bulan.

Jika kamu ingin mencoba-coba dulu, kamu bisa menggunakan akun pro yang berlaku satu minggu dengan harga 23 ribu. Namun, jika kamu akan sering memakai aplikasi ini, penulis sarankan untuk membeli paket premium tahunan seharga 439 ribu untuk 1 tahun penuh.

Pembayarannya hanya bisa menggunakan google pay. Keuntungan dari pengguna premium sangat banyak yaitu eksklusif efek, eksklusif stiker, tidak ada iklan, tidak ada waktu batas, tidak ada watermark, bisa ekspor video hd, tidak ada batas track dan menghilangkan logo rolls.

Pengaturan

Tak kalah penting pada pembahasan tutorial Filmorago yaitu tombol pengaturan yang terletak di pojok kanan atas. Pada tombol pengaturan akan muncul beberapa pilihan yaitu filmorago pro, materials, restore purchase, feedback, private policy, terms, dan about.

Tak hanya itu, pada bagian bawah juga terdapat beberapa logo sosial media seperti instagram, youtube, facebook dan twitter. Sebenarnya pengaturan ini adalah tombol yang jarang sekali orang-orang baca padahal isinya sangat penting seperti ketentuan pemakaian atau kesepakatan pemakai dengan pihak aplikasi.

Menu Utama

Description: C:\Users\AJENG\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\Screenshot_2020-08-07-00-03-30-13.png

Tadi sudah penulis bahas mengenai penggunaan beberapa tombol pada tampilan home Filmorago, sekarang kita beralih pada tampilan utama dimana terdapat beberapa tombol seperti trim, musik, teks, stiker, filter, simbol ekspor, dan beberapa simbol tambahan lainnya. Berikut penjelasan penggunaan tombol-tombol tadi agar menghasilkan video yang bagus.

Trim

Tutorial Filmorago selanjutnya adalah mengetahui fungsi trim yang terletak di pojok kiri bawah. TrIm ini sangat berguna jika video yang kamu masukkan durasi atau ukurannya tidak sesuai. Di dalam trim terbagi lagi menjadi beberapa opsi yaitu split, copy, delete, volume, rotate dan fade.

Opsi split digunakan jika kamu ingin mengecilkan ukuran video namun masih terdapat background di belakangnya. Tombol copy digunakan ketika kamu ingin menduplikasi video atau foto yang kamu pilih, tak hanya menjadi dua tapi bisa menjadi beberapa kali.

Sesuai artinya, delete digunakan ketika kamu ingin menghapus bagian video atau foto dari timeline kamu. Cara menghapusnya klik dulu bagian filenya, lalu klik delete. Pada bagian volume, kamu bisa mengatur kekuatan suara, bisa menjadi lebih kecil atau menjadi lebih besar. Pengaturan volume sebaiknya digunakan sambil menggunakan headphone dan sejenisnya.

Pada bagian rotate, kamu bisa memutar video atau foto ke kiri atau ke kanan. Atau berfungsi juga ketika kamu ingin membuat video mirror atau flip. Bagian terakhir ada fade yang terbagi menjadi dua yaitu fade in dan fade out. Fade in digunakan untuk mengatur suara saat dimulainya video sedangkan fade out mengatur suara ketika video akan selesai.

Musik

Masih pada tutorial Filmorago, kini kita beralih ke tombol musik. Tombol musik ini terletak pada bagian kedua dari pojok kiri bawah. Opsi yang disuguhkan lebih sedikit dibandingkan tombol trim yaitu hanya empat opsi saja.

Pertama, bertuliskan featured. Bagian pertama itu adalah beberapa lagu yang disediakan oleh pihak filmora. Bagian kedua ada opsi my music yang berarti menambahkan lagu dari galeri kamu. Cara menambahkan videonya tinggal pilih lagu yang kamu mau lalu klik “+” dan tara, lagumu sudah ditambahkan ke dalam video.

Selanjutnya ada opsi effect yang berarti memberikan efek pada lagu. Ada banyak sekali efeknya, dua sudah disediakan sedangkan sisanya harus mengunduh lagi. Terakhir adalah bagian yang penulis suka yaitu extract. Extract bermanfaat ketika kamu ingin mengambil suara saja dari sebuah video. Jadi, lebih praktis tidak memerlukan aplikasi lain untuk meng-ekstrak suaranya.

Teks

Selanjutnya adalah bagian teks. Nanti akan langsung menyuruh kamu menulis, baru setelahnya kamu bisa mengedit tulisan di videomu. Untuk pengaturan teksnya juga lumayan lengkap ada pengaturan untuk font, animasi, rotasi, border, bayangan, spasi, warna font, paragraph dan posisi.

Mungkin dari kamu sudah banyak yang tahu kegunaan dari beberapa ikon tadi. Font untuk menentukan jenis font, animasi untuk menambah efek gerak pada teks, rotasi untuk merubah derajat posisi teks, border untuk pembungkus pinggir teks, bayangan untuk efek bayangan pada teks dan seterusnya.

Stiker

Tak kalah penting, fungsi tombol stiker sangat berguna pada tutorial Filmorago. Stiker digunakan untuk menambahkan kesan meriah atau menghindar video yang terlalu polos. Stiker terdiri dari 2 ada yang preset ada juga yang store.

Stiker pada filmorago bisa dikatakan hanya sedikit. Pada bagian preset bisa kamu gunakan secara gratis, sedangkan pada store kamu harus membelinya atau menjadi akun premium. Menurut penulis, stiker dari Filmora lebih lucu dan bagus dibandingkan stiker pada Filmorago.

Filter

Sama halnya dengan stiker, filter digunakan untuk menghindari video yang terlalu polos atau menyesuaikan tema dari video yang kamu buat. Filter terdiri dari 2 ada yang terpasang secara bawaan ada juga yang harus beli di store. Filter gratis yaitu preset, landscape, cyberpunk dan b&w.

Effect

Efek juga masih mirip-mirip dengan stiker dan filter, biasanya untuk menghias videomu agar lebih interaktif. Efek yang tersedia hanya 9 tapi bisa digunakan secara gratis semua yaitu kromatik, bad tv signal, chaos, extreme, mild, sideways, amplash, blur2, squareblur, tvwali, flasheye dan water.

Tutorial Filmorago : Adjust

Adjust biasanya ditemukan pada aplikasi edit foto, namun di filmorago juga ada. Fungsinya untuk mengatur kondisi cahaya pada videomu. Terdapat 6 opsi yang memiliki fungsi berbeda, berikut adalah penjelasannya.

Pertama, ada brightness untuk mengatur tingkat cahaya, apakah mengurangi seratus cahaya dari video asli atau menambah tingkat cahaya menjadi seratus lebih tinggi. Selanjutnya ada kontras yang berfungsi mengkontraskan atau menyesuaikan cahaya pada video agar seimbang.

Tombol temperature berfungsi untuk memberikan efek suhu Semakin kamu menambah tingkat temperatur maka videomu akan lebih menguning, sedangkan jika mengurangi temperaturnya maka akan lebih membiru. Vignetting untuk memberikan efek bayang pada ujung sudut video. Semakin tinggi maka warna bayangannya berwarna putih, sedangkan jika rendah bayangannya berwarna hitam.

Saturation aturannya mirip dengan temperature hanya beda di warna saja. Jika semakin tinggi maka warnanya lebih biru, jika lebih rendah akan menjadi b&w. Terakhir ada clarity yang fungsinya sama dengan saturation.

Canvas

Canvas terletak pada ujung pojok kanan, didalamnya terdiri dari 2 menu yaitu format dan background. Format untuk mengatur ukuran video yang dibutuhkan. Format sosial media terkenal sudah tersedia seperti instagram, youtube dan tiktok. Jadi kamu tidak perlu harus mencari-cari.

Kemudian ada background yang digunakan untuk merubah warna pada belakang video aslimu. Tak hanya warna, kamu juga bisa memakai efek blur dan foto pada galerimu sebagai background.

Itulah tutorial filmorago yang bisa penulis sampaikan. Sebenarnya Filmorago yang versi terbaru bisa dibilang lebih lengkap dan meningkat sangat pesat dari sebelumnya dan bisa bersaing dengan aplikasi edit video pada android lainnya. Semoga tutorial ini dapat membantumu menghasilkan video yang bagus dan unik!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas