Cara Membuat Website Portofolio

Flat Design in Website Development - Oxidian

Website Portofolio itu bisa dikatakan wajib bagi seorang professional dan freelancer soalnya kamu bisa mamerin semua hasil karyamu disitu jadi kalau ada calon claint yang Tanya ya kamu tinggal arahin aja kewebsite portofolio kamu itu ngak usah ribet ngirim satu-satu, terus kalau kamu lagi job hunting kamu juga bisa tu masukin alamat website portofolio kamu itu di CV dijamin deh bisa bikin bagus untuk HRD diperusahaan yang kamu lamar berguna banget kan website portofolio itu nah untungnya membuat website portofolio itu ngak sulit gampang banget malah mimin akan jelasin caranya:

1. Tentukan Nama Domain, Nama domain itu adalah alamat kewebsite portofoliomu makanya kamu harus nentuin nama domain yang singat dan mudah diinget biar orang tidak nyansar pas mau mengunjungi website portofoliomu nanti , nah selain singkat dan mudah diingat mimin ada tips lainnya ni. Pertama, Gunakan namamu kalau kamu bikin website untuk nunjukin portofolio kamu sendiri lebih baik kamu gunain namamu buat alamatnya selain buat personal branding websitemu juga akan lebih mudah diingat sama claint. Kedua, Usahain nama domain mudah dieja kalau nama lengkapmu panjang kamu ngak perlu masukin semuanya buat nama domain ya, misalnya cristianoronaldosantos dot com kan kepanjangan dan susah dieja nah kamu bisa mempersingkatnya jadi cristianoronaldo dot com. Ketiga, Sebaikanya hindari angka dan hypen soalnya kemungkinan salah ketiknya itu tinggi banget kalau kamu pake angka atau hypen dinama domain plus kurang professional.

2. Gunakan Hosting terbaik, Hosting ini adalah tempat untuk menyimpan semua data website portofoliomu nanti, mulai dari gambar, video, suara, tema semuanya deh pokoknya nah ada macam-macam jenis hosting yang bisa kamu pilih ada shared hosting, cloud hosting dan VPS hosting tapi menurut mimin ni hosting terbaik untuk portofolio itu adalah shared hosting soalnya harganya paling murah dan bisa menampung hingga 180 ribu pengunjung per bulannya kamu juga dapat tempat penyimpanan unlimited jadi kamu bisa tu upload semua portofoliomu dan data pendukung lain disitu terus keamanan websitemu juga udah dilindungi 24 jam nonstop sama SSL dan Imunify360 yang cangih banget jadi kamu ngak perlu tu khawatir websitemu diserang heker atau virus.

3. Beli Domain dan Hosting, Kalau kamu udah mastiin kalau nama domain pilihanmu emang tersedia sekarang saatnya beli domain dan hosting keduanya bisa kamu lakuin dengan mudah dan cepat  

4. Instal Tema, Tema bawaan wordpress itu kurang cocok buat website portofolio jadi kamu perlu mengantinya selain biar lebih professional tampilan websitemu juga bakalan lebih cakep sehingga claint bisa berlama-lama diwebsitemu, ini mimin kasi beberapa rekomendasi tema website portofolio: 1. ePortfolio, 2. Hamilton, 3. Perfect Portfolio, 4. Portofolio Web, 5. Mockup.

5. Instal Plugin, Selain tema yang bisa mempercantik tampilan websitemu kamu juga perlu install plugin biar website portofoliomu punya berbagai fitur professional selain bikin website portofoliomu lebih menonjol diantara website lainnya kamu juga bisa dapetin nilai plus dimata claintmu hasilnya semakin besar deh kesempatanmu dipilih oleh claint itu, ini mimin kasi beberapa plugin wajib install diwebsite portofoliomu: 1. Envira Gallery, 2. Smush, 3. Elementor, 4. Akismet, 5. Jetpack, 6. Yoast, 7. Contact Form.

6. Buat Halaman “About Me”, Halaman about me atau tentang saya adalah bagian yang penting banget diwebsite portofolio soalnya disini kamu cerita panjang lebar tentang dirimu untuk menyakinkan claint biar makai jasa kamu tapi kamu ngak bisa cerita yang asal ya salah-salah bisa nanti claint kamu jadi ilfil dan tidak mau pakai jasa kamu, ini mimin kasi tips membuat about me:

-Kenalkan Diri, mulai dari nama,umur,tempat tinggal dimana,dll

-Jelasin Apa yang Kamu Lakukan, ini ngak perlu panjang lebar ya cukup beberapa kata aja

-Ceritakan Apa Kelebihanmu, dari sudut pandang claint jadi hindari itu nyebutin pekerja keras, profesionis, memperhatikan detail dll, soalnya itu subjectif banget dan sulit dibuktikan jadi lebih baik kamu nyebutin hal yang emang dipahami oleh claint

-Sebutkan Pengalaman Kerja/Karyamu, ngak perlu kamu tampilin semuanya ya sebutin aja memang dari claint gede atau karya terbaikmu 

-Ceritakan Asal Mula Terjun ke Bidang yang Digelutin, cerita personal ini bisa menuntup calon claintmu dan bikin lebih menarik loh

-Manfaatkan Berbagai Media, Jangan ngadalain teks aja ya kamu juga bisa cerita lewat video ataupun audio

-Tampilkan Fotomu, sesuai bidang atau personal yang ingin ditonjolkan jadi bebas kamu mau nampilin foto professional, creative atau visual tinggal kamu sesuaikan aja.

Nah itu lah Cara Membuat Website Portofolio semoga bermanfaat ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas