Apa Itu Google Display Network ?

Google Display Network (GDN) Adalah iklan yang ditampilkan dalam bentuk display ads jadi iklanmu nanti tidak terbatas hanya teks aja tapi bisa berupa gambar, video, sampai gift sekali pun, selain itu iklan GDN ngak hanya muncul di website atau hasil pencarian itu aja tapi juga di aplikasi dalam mobile games, pasti kamu pernahkan pas buka aplikasi atau pas main game terus ada iklannya nah itu yg namanya google display network.

Kenapa google display network harus banget kamu coba karna ada keuntungan yang bisa kamu kamu depatin yaitu:

  1. Meningkatkan Brand Awareness, Brand awareness bisnismu akan meningkat pesat kalau pakai GDN soalnya jaringan iklan GDN bisa menjangkau hingga 90% pengguna internet dan iklanmu berpotensi ditampilin dilebih dari 2jt website terus iklanmu juga bakal muncul diaplikasi dalam mobile games jadi orang-orang akan tergiur dengan produkmu.
  2. Visual Itu Lebih Menarik, Kamu bisa masang iklan visual di GDN mulai dari gambar, video, sampai GIF ini nguntungin banget loh soalnya udah banyak penelitian yang buktiin kalau visual itu lebih menarik dari pada teks, 90% informasi yang diproses otak itu adalah visual dan 80% orang lebih inget apa yang mereka lihat dari pada apa yang mereka baca makanya iklan GDN itu lebih mungkin diklik orang dari pada iklan teks biasa.
  3. Banyak Jenis Targeting, Ada banyak banget jenis penargetan iklan yang bisa kamu pilih di GDN mulai dari penargetan sesuai demografi, berdasarkan calon konsumen, sesuai kata kunci dan masih banyak lagi jadi kamu bebas milih mana yang sesuai strategi digital marketing kamu, walaupun jaringan iklan GDN itu bisa menjangkau sampe 90% penguna internet tapi iklanmu ngak otomatis langsung muncul disemua tempat gitu aja kamu tetap harus memilih target biat iklanmu tepat sasaran dan menjangkau calon konsumen terbaik.

Di GDN sendiri ada 6 jenis penargetan iklan yaitu:

  1. Topic Targeting, Penargetan ini bisa kamu pilih kalau kamu mau masang iklan di website atau platfrom yang bahas topik tertentu, jadi website diluar topik itu ngak akan munculin iklanmu sama sekali.
  2. Keyword Targeting, Penargetan ini akan menghubungkan iklanmu dengan kata kunci tertentu, jadi target keyword lebih spesifik dari pada topic.
  3. Interest Targeting, Penargetan jenis ini akan memunculkan iklanmu berdasarkan hal yang disukai target pasarmu.
  4. Placement Targeting, Penargetan ini hanya akan memunculkan iklanmu diwebsite yang sudah kamu pilih aja, penargetan ini cocok buat kamu yang emang tau website apa sih yang sering dikunjungi calon pelanganmu.
  5. Remarketing Targeting, Kamu pernah ngak sih pas ingin membeli sesuati dari website terus ngak jadi tapi iklan barang tadi kamu liat selalu muncul dimedia sosial yang kamu kunjungi atau aplikasi yang sering kamu gunain, nah itu lah yang dinamakan remarketing penargetan ini tujuannya untuk memantik kembali niat membeli dari konsumen potensial yang ningalin websitemu.
  6. Demographic Targeting, Seperti namanya penargetan ini berdasarkan demographi calon pelangganmu mulai dari umur, gender sampe tempat tinggalnya jadi bener-bener spesifik banget tapi kalau kamu mau gunain penargetan ini pastiin dulu kamu udah paham karakteristik calon pelangganmu.

Setelah kamu tahu apa itu GDN ni mimin kasi tips memaksimalkan iklan di GDN biar keuntungan bisnismu berlipat ganda.

  1. Buat Iklan Visual, Walaupun GDN bisa nampilin iklan dalam bentuk teks dan visual tapi mimin nyaranin ni kamu buat iklan visual aja ya soalnya iklan visual itu punya Click-throung-rate sampe 0,31% sedangkan iklan berbentuk teks aja hanya 0,23% makanya usahain kalau iklan GDN mu itu ada gambarnya.
  2. Gunakan Budgetmu Dengan Bijak, Kamu bisa nyobain masang iklan berbajet terendah dulu biar kamu bisa lihat hasilnya seperti apa, nah kalau hasilnya bagus kamu bisa naikin budgetnya tapi kalau hasilnya ngak sesuai ekspestasi ya kamu bisa mencoba jenis iklan lainnya.
  3. Selalu Awasi Iklanmu, Teknologi GDN memang cangih tapi kadang tidak konsisten jadi walaupun kamu udah memilih penargetan iklanmu sudah sesuai kadang iklanmu itu bisa ditampilin diwebsite yang jauh berbeda atau bisa aja iklanmu udah bener muncul diwebsite yang sesuai tapi tiba-tiba besoknya hilang entah kemana nah makanya kamu harus selalu mengawasi iklanmu biar uangmu tidak terbuang sia-sia.
  4. Sisihkan Bugdet Untuk Testing, Jaringan GDN itu besar banget jadi kalau kamu hanya fokus ke satu jenis penargetan iklan aja dan ngak nyobain yang lain bisa aja kamu kehilangan calon konsumen potensial sayang banget kan makanya kamu coba sisihkan 10-20% budget untuk testing penargetan lain yang sekiranya potensial.
  5. Hati-hati Dalam Memilih Mobile Game, Banyak anak kecil yang minjam hp orang tuanya untuk bermain game dan kadang tanggan mereka bergerak terlalu cepat terus ngak sengaja ngeklik digame tersebut klik-klik ngak sengaja ini bisa habisin budget iklanmu tanpa hasilin penjualan sama sekali loh makanya sebaiknya kamu hati-hati memilih mobile game untuk ditampilin iklan.

Nah itu tadi panduan maksimalin google display network agar keuntungan bisnismu berlipat ganda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas