5 Tahap Cara Menulis Artikel sesuai Request Client

Jasa Penulis Artikel SEO Bahasa Indonesia dan Inggris

Hallo semuanya kali ini mimin akan membahas tentang 5 Tahap Cara Menulis Artikel sesuai Request Client. Agency membutuhkan client, begitu juga sebaliknya. Dalam hubungan ini terkadang ada masalah ataupun konflik ataupun intrik yang terjadi. Tapi, jika hubungan ini bisa di-maintain dengan baik, maka keduanya bisa saling menguntungkan. Client membutuhkan konten yang dibuat oleh agency, dengan konten tersebut maka client bisa mendapatkan konten-konten yang dimasukkan di dalam website mereka, dari khususnya artikel dan juga copywriting. Untuk membuat artikel client sendiri, anda perlu melakukan lima tahap yang akan mimin berikan kepada kalian semua.

  1. Mengetahui produk client. Produk claint ini kita harus tahu dari sisi produknya apa saja, dalam bentuk barang ataupun jasa. Kemudian kita juga harus tahu deskrpsi produknya, agar kita mengerti nanti apa yang dituliskan. Itu termasuk ke dalam product knowledge dan harus dilakukan oleh setiap content writer.
  2. Bertanya apakah client memiliki gaya tulisan yang ingin mereka inginkan sendiri. Gaya tulisannya maksudnya bahasanya bisa formal ataupun non-formal. Bisa pakai ‘lu gua’, ‘aku kamu’, ‘anda’, atau ‘saya’. Memang dalam gaya penulisan ini semua client berbeda-beda. Ada yang lebih suka gaya formal, tapi ada juga yang lebih suka gaya non-formal ini semua ditentukan oleh product knowledge yang ingin mereka bawa kepada setiap pembaca.
  3. Mengumpulkan informasi terkait untuk keperluan artikel. Hal ini harus diangkat oleh content writer supaya setiap artikel yang mereka buat bisa mendapatkan, bisa memasukkan informasi yang memang paling penting. Karena setiap artikel memiliki topik yang berbeda-beda. Apalagi jika produk client tersebut sangatlah banyak. Ditambah claint ingin di dalam setiap artikel ada product knowledge yang ada informasi-informasi penting, yang tidak bisa ditemukan oleh pembaca di artikel-artikel kompetitor mereka ataupun artikel-artikel di website lain.
  4. Inilah saatnya anda menulis. Sebagai content writer, menulis artikel itu memang bisa dibilang susah-susah gampang. Ada yang bisa menulis artikel cepat, ada juga yang harus menulis artikelnya cukup lama. Ada yang hanya butuh 20 menit ataupun 30 menit, ada yang harus sampai sejam. Dan SEO sendiri, satu artikel minimal memiliki 500 kata. Begitupun juga di dalamnya harus ada keyword yang fokus kepada topik tersebut. Namun dengan tiga tahapan sebelum yang sudah dibuat, yang sudah dilakukan maka content writer akan lebih mudah untuk membuat artikel setiap client, apapun topiknya. Client bilang product knowledge, ya kita sudah tahu apa yang client inginkan dari segi bahasa dan juga kita sudah menumakan informasi-informasi penting dan pendukung di dalam artikel tersebut, maka proses pembuatan artikel harusnya lebih cepat.
  5. Ketika artikel tersebut sudah diberikan kepada client anda jangan takut menerima kritik dan saran dari client. Biasanya artikel yang sudah anda buat akan diberikan ke client lalu client akan membaca terlebih dahulu untuk mereview apakah artikel tersebut sudah ok untuk naik ke website atau belum. Cukup banyak artikel-artikel yang nanti akan dibalikkan atau diberikan kritik atau saran oleh client yang mungkin mereka akan request mengganti kalimat atau paragraf bahkan juga bisa mereka minta ganti foto. Sebenarnya apa yang diharapkan oleh client itu harus anda terima dengan lapang dada. Memang ada momen-momen dimana anda tidak mendapatkan kritik dan saran dan harus melakukan revisi membuat anda berpikir ‘apakah artikel tersebut sudah layak atau belum’. Namun dengan kritik dan saran dari client itu akan membuat anda tahu apa yang client inginkan lebih dalam. Kadang client pun juga suka kejar langsung memberi tahu apa yang mereka butuhkan. Seiring berjalanya waktu, mereka akan memberitahukan kepada anda berdasarkan hasil artikel yang dibuat.

Jadi itulah 5 Tahap Cara Menulis Artikel sesuai Request Client, semoga informasi yang mimin berikan bermanfaat untuk anda dan anda bisa menerapkannya di dalam aktivitas pekerjaan anda sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas