5 Hal Penting dalam Visualisasi Data

Apa Itu Visualisasi Data? Definisi, Pentingnya, Jenis, dan Software |  FineReport

Memahami Inforamasi dari data tentunya akan lebih mudah apabila disajikan dalam bentuk Graphic & Chart dalam rana Data Science ada istilah Data Visualization atau visualisasi data. Visualisasi data yang baik dapat membantu data science untuk menjelasakan model data menjadi informasi yang mudah di pahami supaya visualisasi data bisa semakin menarik ada 5 hal yang perlu di pertimbangan sebelum Visualisasi data.

  1. Pertimbangkan Audience mu. Penting untuk memperhatikan dengan siapa kamu akan menyampaikan pesan kamu perlu menyesuaikan tampilan data yang akan kamu sajikan dengan audience akan membaca visualisasi data tersebut.
  2. Sertakan Anotasi (Keterangan). Visualisasi data dibuat dalam berbagai bentuk bisa berupa line-chart, bar-chart, scatter-chart, column-chart, atau pun dot-chart. Penggunaannya sendiri dapat disesuaikan dengan data yang kamu miliki, selain bentuk chart yang sesuai hal lain yang tak kalah penting adalah memberikan Anotasi selain itu anotasi juga dapat membantu pembaca untuk memahami visualisasi data yang telah kamu buat.
  3. Pertimbangkan Warna & Font. Dalam membuat visualisasi data pemilihan warna dan font merupakan hal yang patut di perhatikan sebaiknya kamu menghindari penggunaan font dan warna default data visualisasi yang kamu gunakan hal ini bisa membuat chart menjadi biasa aja bahkan cenderung membosankan, untuk font sendiri hal yang perlu kamu perhatikan salah satunya adalah ukuran dari font yang akan kamu gunakan pastikan ukuran font tidak terlalu kecil ketika kamu akan menyajikan data dengan audiens cukup banyak.
  4. Label yang mudah dibaca. Selain memberikan anotasi penambahan label pada chart juga merupakan salah satu hal penting dalam visualisasi data, memberikan label pada chart akan membuat pembaca mudah memahami visualisasi yang kamu mau, label dapat berupa keterangan dari masing-masing sumbu, bisa juga ditambahkan unit dari variabel yang ditampilakan.
  5. Hindari Pie Chart. Menurut dokumentasi art pie chart bukanlah cara ideal untuk menampilkan informasi karna mata manusia buruk dalam menilai laratif area pembagian area dilingkaran pie chart terkadang kurang jelas posisinya terutama dalam jumlah data, Bar chart dan Dot chart dapat menjadi alternatif lebih baik untuk menampilkan informasi karna mata manusia lebih baik dalam menilai linear chart.

Segitulah pembahasan tentang 5 Hal Penting dalam Visualisasi Data semoga bermanfaat…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas